D.I.S.C.L.A.I.M.E.R

Please Take Note of This:

Before you going to tell me what to do about my blog or my words in this blog, please do take not that this is only my thoughts and my feeling, therefore if anyone not happy or sad or angry with my written words, i would not care about it because I'm here to apologize first if that case happened.
.............
[SIGNED][edwin ruser]

Ciri khas novel teenlit indonesia...

Thursday, April 12, 2007

Halo, Apa Kabar kawan-kawan yang membaca blog ini? aduh, seperti yang membacanya dalam jumlah yang besar, paling-paling hanya satu atau dua orang saja yang membaca blog yang sangat simple dan monoton ini.

Tapi itu tidak membuat saya menjadi putus asa untuk tidak menulis blog, saya menulis bukan karena mau dibaca, saya membaca bukan karena mau menulis, saya menulis karena saya merasa bosan saja, tidak ada acara yang saya lakukan saat itu, terkecuali: mendengarkan musik-musik kesukaan saya dan membaca novelnya salah satu penulis kesukaan saya; Sitta Karina tentunya.

Berbicara tentang novel, kita menspesifikasikannya menjadi beberapa jenis:
1. ada novelet atau novel pendek atau cerita sekilas atau kumpulan cerpen-cerpen.
2. ada novel sastra.
3. ada novel semi-sastra.
4. ada novel teenlit.
5. ada novel metropop.
6. ada novel dewasa [berisi hal-hal yang tidak pantas dibaca oleh orang yang belum berusia 21 tahun.]
7. dan masih banyak lagi...

Hari ini saya akan fokus kepada Novel Teenlit Indonesia yang sedang merajarela dimerata Indonesia. Saya salah satu penyuka Teenlit, tapi satu hal yang saya ingin bahas hari ini ialah:
1. ISI
2. Kualitas
3. kuantitas
4. daya tarik
5. jalan cerita/alurnya

--------

1. ISI
- Kebanyakan novel seperti itu mempunyai isi yang sama, tidak lain kalau bukan kisah cinta pelajar, anak kuliahan dan yang masih memiliki bau atau unsur kemudaan, dengan sedikit sentuhan ke dewasaan.

2. Kualitas
- Kualitas novel teenlit boleh diacungi jempol, untuk beberapa novel saja: contoh novel sejenis; FAIRISH, RAHASIA BINTANG dan beberapa lagi. Tapi kualitas novel seperti itu belum bisa kita katakan membanggakan, saya sendiri menulis novel seperti itu [tidak pernah di publikasikan.]

3. Kuantitas
- CUKUP UNTUK NOVEL TEENLIT, tetapi kurang tebal untuk novel yang seru dan mempunyai potensi untuk diperpanjang atau dibuat bagian keduanya.

4. Daya tarik
- Daya tarik novel teenlit bisa di bilang sangat bagus, karena novel seperti itu tidak berat untuk dibaca, kualitas ringan tapi berbobot.

5. ALUR CERITA
- Kebanyakan SAMA! seperti jenis penyakit, yang berujung pada kematian atau berawal dari kematian. two-timer, bad-attitude boys, dari playboy ke setia sekali pada satu cewek. dan berujung 80% bahagia!

---------

Jadi inti blog ini ialah Novel Teenlit masih bisa di kembangkan tapi dengan inti cerita yang lain dari yang lain dan jangan mengikuti alur cerita novel yang sudah pernah ada.

-eamiru-

3 comments:

Anonymous said...

Senang rasanya bisa ketemu orang yang punya minat sama. Saya juga suka teenlit/YA novel, tapi mungkin novel asing (kebanyakan dari Amerika) masih mendominasi, ya. Pernah baca "Twilight" dari Stephenie Meyer? The genre is Young-Adult, yet the whole story is elegantly written. Saya suka sekali pengarang satu ini. You can check her official website at www.stepheniemeyer.com. And, oh, thanks by the way--that you seem to like my books to :)

Andre Lao said...

Teenlit favorit ane, JEMPIRING DENPASAR ; Poet. Pas baca bisa kyk ngalami sendiri tuh cerita di dalamnya.
Pokoknya mantap lah..

Andre Lao

Puput Palipuring Tyas said...

@andre lao : saya terharu baca komen kamu. waktu browsing novel saya, gak nyangka bisa nemu sepotong komen ini. thanks andre, saya akan terus berkarya untuk kamu. salam, poet.